Rabu, 17 Februari 2016

Tips Jitu Menentukan Judul Skripsi

Banyak para mahasiswa yang hampir putus asa ketika menjalani skripsi. Ada yang frustasi, stres dan bahkan berhenti kuliah. Hal ini dikarenakan mereka tidak mempersiapkan diri dengan baik. Selain itu faktor keterlambatan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi sebenarnya bukanlah terletak pada jurusan maupun dosen pembimbing skripsi. Biasanya alasan yang paling banyak adalah pembimbing yang selalu menolak judul skripsi ketika mahasiswa mengajukan judul skripsinya. Namun, para mahasiswa sering tidak menyadari bahwa ada kesalahan dalam memilih judulnya.
Skripsi adalah karya ilmiah berupa penelitian yang mesti dilakukan oleh seorang mahasiswa sebelum menyelesaikan studinya dan memperoleh gelar sesuai bidangnya. Seringkali skripsi menjadi sebuah gerbang besar penghalang mahasiswa untuk memperoleh sarjana. Nah berikut ini ada beberapa Tips dan cara memilih judul skripsi yang tepat:

1. Tentukan Perumusan Masalah
 Teliti terlebih dahulu berbagai masalah yang dihadapi dalam ruang lingkup atau bidang kuliah Anda. Semakin banyak masalah yang Anda temukan akan semakin terbuka banyak judul skripsi yang mengalir.

2. Tentukan Judul sesuai dengan Minat Anda
Walaupun kamu kuliah di jurusan tertentu, setidaknya pasti ada satu tema dari jurusan kamu yang kamu minati, seperti mahasiswa jurusan Sistem informasi dapat mengambil judul pemrograman atau desain web. Salah dalam memilih tema akan memperlambat kamu menyelesaikan skripsi kamu, sebab berhadapan dengan sesuatu yang tidak kamu sukai berarti kamu akan berusaha untuk menghindarinya.

3. Tentukan Judul yang kamu kuasai.
Maksudnya seperti ini, jika Anda adalah seorang mahasiswa jurusan sistem informasi, dan Anda memahami teori tentang Analisis pemrograman web maka sudah sepantasnya Anda mengambil judul skripsi tentang hal itu, jangan menyimpang terlalu jauh dari itu.Walaupun kamu telah memilih judul skripsi yang kamu minati, tetapi kamu tidak menguasai materinya, maka itu sama saja akan dapat memperlambat kamu nantinya. Memilih judul yang kamu kuasai dapat membantu kamu nantinya ketika menjalani ujian akhir, kamu bisa mempertahankan setiap tulisan di skripsi kamu.

4. Tentukan Judul yang banyak referensi.
Tips keempat ini yang paling penting adalah memilih judul yang memiliki banyak narasumber. Dalam menyusun skripsi setidaknya kita butuh minimal 25 buah buku referensi. Sebaiknya mencari dahulu beberapa referensi yang banyak yang berhubungan dengan skripsi kamu. Sebab kurang jumlah referensi  bisa menghambat usaha kamu di tengah jalan nanti.

5. Sharing dengan Teman, Saudara atau Dosen Pembimbing.      
Sharing adalah langkah tepat untuk mengetahui hal menarik seperti apa yang mereka lihat, dan dengan begitu Anda akan mendapatkan beberapa masukan untuk mengerjakan skripsi yang Anda inginkan.

6. Judul yang dibuat bermanfaat dan berguna.
Pilihlah judul skripsi yang akan berguna buat masa depan. emang ada judul skripsi  yang tidak berguna?. Jawabannya , iya, sebab ada beberapa judul penelitian yang dengan melihat judulnya saja, kita sudah mengetahui hasil penelitiannya. Tetapi jika kamu tidak dapat menemukan judul skripsi yang berguna bagi orang lain, setidaknya judul skripsi kamu berguna bagi diri kamu. Sebab jika skripsi tidak memiliki manfaat, maka yakin saja skripsi kamu tidak akan pernah dibaca orang lain. Jadi buatlah skripsi kamu enak dibaca, minimal jadi bacaan buat kamu. Itulah beberapa tips sederhana dalam menentukan judul skripsi. Sebaik-sebaik skripsi adalah skripsi buatan sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Dikutip: dari berbagai sumber.

http://news.palcomtech.com/tips-jitu-menentukan-judul-skripsi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manaqib KH. Basyirun Ali, Pendiri Pondok Pesantren Nurul Jannah Banjarmasin

  Manaqib Syekh KH. Basyirun Ali, Pendiri Pondok Pesantren Nurul Jannah Banjarmasin Penulis Arif Riduan, S.Sos.I Alumni ponpes Nurul Janna...