Kamis, 08 Juni 2017

Tak Terbayangkan Olehku - Sebuah Cerpen Terbaru Karya Arif Riduan

 

" woooyyyyyy.. !!!! Apa lihat-lihat ? Kamu nantang saya yaaa !!? Hah !!! ". Teriak seorang senior kepada kami yang serba salah, ketika kami memandangi dia ketika marah-marah dibilang nantang tapi kalo gak diperhatiin dibilang tuli. " Woooyyy !!! Kalian ini tuli yaa ? Hah ? Dibilangin gak diperhatiin !?, mahasiswa macam apa kalian, lembek, blo'on, kalian pantesnya jadi siswa aja sana, gak usah kuliah di sini". Ya begilah senior kami satu ini, kerjaannya marah-marah mulu. Apalagi hari ini hari terakhir ospek kami terlambat akibat bangun kesiangan, abis geh kami bertiga dimarahin habis-habisan oleh Ka Nizar, yang dari hari pertama ospek marah-marah mulu.

Kenalin namaku Ninda Widya, panggil aja aku Ninda. Hari ini adalah hari terakhir ospek kami mahasiswa baru di UNIKA, Universitas Kalimantan. Gak mudah memang menyabet gelar sarjana, langkah awal aja harus menghadapin ospek, katanya sih biar lebih kenal dengan kampus, tapi kok dimarah-marahin mulu. Tapi bagiku pribadi ospek ini ada manfaatnya juga loh, aku jadi ketemu ama teman-teman baru, sahabat seperjuangan, ya ku anggap ini tantangan aja. Lagi pula aku di Banjarmasin gak punya siapa-siapa, sendiri aja kuliah dari kampung. Dari ospek aku jadi punya banyak teman. 

Hari ini hari terakhir kami ospek, artinya hari ini merupakan hari saling memaafkan antara kami dan para senior, kami pun disuruh membawa coklat untuk diberikan kepada panitia yang paling disukai. Ya pastilah kalo cowok bakalan ngasih coklatnya kepada kakak senior yang cewek, dan kami yang cewek tentu akan ngasihnya kepada kakak senior yag cowok. 

Aku bingung mau ngasih sama siapa. Awalnya sih aku mau ngasih coklatnya ke Ka Nizar, walaupun suka marah-marah tapi bagi kami cewek-cewek Ka Nizar itu senior paling ganteng yang jadi pantia ospek ini. Tapi aku enggan untuk memberikan kepadanya, karena tadi malam Nisa temanku sekelompok bilang sama aku bahwa dia akan ngasih coklatnya ke Ka Nizar, bahkan dia Nisa bilang dia suka ama Ka Nizar. Ya mau gak mau aku harus ngalah, sebenarnya aku agak sedikit suka juga ama Ka Nizar. 

" aku nanti ngasihnya ama Ka Nizar, Nin ". Kata Nisa

" ih ! Ngapain ngasih ke kakak pemarah itu ?". Sahutku agak cetus

" kan Ka Nizar marah ada alasannya, gak kayak senior-senior yang lain marah-marah gak jelas, lagi pula ka Nizar itu orangnya ganteng banget". Ih makin kecentilan aja nih anak.

" iya ganteng, tapi.. ka Nizar itu pasti udah punya pacar Nis". Kataku

" enggak Nin, aku kemarin nanya kok pas waktu istirahat, kata ka Nizar dia belum punya pacar, terus dia senyum-senyum gitu ama aku Nin ". Sahut Nisa yang semakin kecentilan.

" eh.. Nin, kalo kamu ngasih coklatnya ama siapa ? ". Tanya Nisa kepadaku

" aku, akk akk akuu, ngasihnya nanti kanyaknya ama ka Zainal deh kayaknya Nis ". Zainal sahutku kepada Nisa.

Ka Zainal adalah salah satu senior kami juga dan yang suka marah-marah juga, orangnya ganteng sih, tapi masih gantengan Ka Nizar. Ka Nizar senyumnya manis banget, beneran sumpah!. Kalo ka Zainal agak ada wibawa-wibawa gitu, jadi dia jarang senyum. Maklum diakan Ketua BEM di kampus ini, sudah semestinya dia jaga wibawa gak senyum sana senyum sini. Karena udah terlanjur aku bilang ama Nisa mau ngasih coklatnya ke ka Zainal ya ku kasih aja, plus surat yang wajib kami tulis. Aku bingung mau nulis apa.

Saat ini coklat yang kami bungkus seperti kado dan di dalamnya ada surat yang kami tulis di kumpulkan oleh panitia, yang sebelumnya kado itu kami kasih nama siapa penerimanya. Sudah ku duga yang paling banyak dapat coklat hari ini adalah Ka Nizar, hampir semua cewek ngasihnya ke ka Nizar. Dari sudut ruangan, ka Nizar senyum-senyum aja karena surat-surat yang tertuju ke dia dibacakan ke khalayak umum oleh panitia. Owh.. tibalah saatnya surat di kadoku dibacakan. 

" Teruntuk kakak yang ku anggap paling ganteng di antara kakak-kakak pantia yang lain, terimalah coklat adinda ini, semoga coklat ini akan membuat kita semakin akrab. Oh ya ka, jangan manyun-manyun mukanya ka, senyum dong kaka itu manis kok, by. Ninda ". Akh! Malunya aku sungguh malu, aku memang gini orangnya suka nulis lebay dengan kata-kata. Dan ku lihat kali ini Ka Zainal senyum-senyum juga kepadaku ketika surat yang ku buat untuknya dibacakan oleh panitia. Ya manis sih, tapi gak semanis senyumnya Ka Nizar.

...........................................

Kini aku udah jadi mahasiswi, udah ngelewatin ospek, udah cari kos sana-sini, untung ada Nisa sahabat baruku yang ku kenal waktu ospek kemarin. Sebelum dapet kos, aku dan Nisa nginap di kos-kosan sepupunya Nisa di dekat kampus Unika. Setelah 3 hari kami sesana-kemari akhirnya dapet juga kos, letaknya lumayan jauh sih dari kampus, tapi ini pilihan terdekat dari semua kos yang kosong saat kami datangi.

Seperti mahasiswa yang lain, kelas, kantor, perpus dan kantin adalah tempat-tempat yang sering kami sambangi ketika di kampus. Di kampus aku sering sekali bertemu ama Ka Nizar, jelas saja di mana ada Ka Nizar di sana pasti ada cewek-cewek, terlebih lagi cewek-cewek dari angkatan lama. Tak sengaja pas di depan kantor aku berpapasan dengan Ka Zainal yang hari ini tampak cool sekali dengan stelan jas yang dia pakai, udah kayak eksekutif muda gitu. Ku senyumin aja, eh ka Zainalnya cuek aja. “ Cieeeee dikacangin “. Kata salah satu temanku yang memperhatikaku yang lagi senyum kepada ka Zainal, tapi ka Zainalnya gak tau menahu saat ku senyumin.

Aku, Nisa, Irma dan Hasnah lagi ngobrol-ngrobrol di perpus sambil masing-masing buka Facebook mencari akun-akun Facebook milik kakak-kakak senior yang kemarin jadi panitia ospek. Masing-masing dari kami mencari akun kakak senior yang kemarin kami beri coklat, ya tentulah aku mencari akun Facebooknya ka Zainal. Ku klik aja Zainal Ariandi, maka munculah Akun yang facebook bernama Zainal Ariandi Riduani, langsunglah ku pinta pertemanan kepada dia. Tak berselang lama, permintaan pertemananku pun diterima.


Mulai deh ku buka-buka foto-foto yang ada di facebook ka Zainal, setelah itu aku coba baca-baca status yang pernah ka Zainal tulis. Mataku pun tertuju kepada status yang  ditulis sekitar 2 minggu yang lalu, tepat pada hari terakhir kami ospek. Status itu bertuliskan “ terima kasih ya atas coklatnya, terima kasih juga atas sarannya, semoga aku selalu bisa tersenyum, oh ya senyummu manis de “. Entahlah apa yang ku rasa saat ini, yang pasti hatiku saat ini kayak berbunga-bunga itu. Aku tahu yang dia maksud adalah aku. Aku lihat teman-teman yang lain lagi sibuk chat-chatan juga di facebook, mungkin dengan kakak senior yang mereka incer masing-masing. Aku pun gak mau kalah, komentari aja status ka Zainal tadi.

“ terima kasih juga kakak “. Ku tulis seperti itu, rupanya ka Zainal sedang online juga jadi cepat aja balas komentar

“ terima kasih untuk apa de Ninda ? “. Balasnya

“ terima kasih udah cuek ama aku kak “. Ku tulis seperti itu, karena sebel banget udah beberapa kali ketemu ka Zainal tapi dia cuek aja, kayak gak ada respon sama sekali gitu.

“ kaka gak cuek de, kaka malu aja, gak biasanya kakak negur cewek di depan umum “. Balasnya

Dari sanalah aku mulai kenal dekat dengan ka Zainal. Hampir setiap hari kami berbalas chat dan komentar di facebook. Awalnya ka Zainal minta nomer Hp-ku dan akhirnya kami sering SMS dan telponan juga, ngomongin ini itu. Sampai pada akhirnya aku mengungkapin perasaan sukaku kepada ka Zainal.

“ Ka, aku ingin jujur sama kaka “. Tulisku di SMS

“ jujur tentang apa Nin ?. Balasnya

“ Ka, sampai kapan sih kita, gini-gini aja ka, apa kita cuma berteman seperti ini aja ka ?”. tanyaku lagi, tapi ka Zainal tidak membalas SMS-ku. Aku pun mengirim SMS lagi “ ka aku gak bisa seperti ini ka, aku terlanjur suka sama kakak, aku ingin kita lebih dari sekedar berteman ka “. Tulisku. Tak lama ka Zainal pun menelpon.

Nin, sebenarnya aku juga suka ama Ninda, suka banget sejak awal kaka lihat Ninda waktu Ospek “. Kata ka Zainal di Telpon.

“ terus ka ? “. Cuma kata itu yang bisa ku jawab,

“ ya kaka pengennya sih Ninda jadi pacar kaka, tapi ..... “ belum selesai ka Zainal ngomong udah ku potong duluan. “ tapi kenapa ka ? , apa aku gak cantik “ tanyaku.
“ bukan begitu Nin, tapi .. hmmmm gini Nin, kalo boleh jujur kaka ini sebenarnya juga pengen fokus ama kuliah aja Nin “. Jawabnya

“ kenapa ka ?. Tanyaku lagi.

“ eh bukan itu juga sih “. Ka Zainal agak terbata-bata. “ sebenernya kaka cuma takut kalo Ninda malu dengan keadaan kaka. Kalo kita pacaran mau gak Ninda menerima kaka apa adanya. Sepeda motor kaka butut, kaka gak bisa ngajak jalan-jalan, gak bsia ngajak makan kayak orang pacaran biasanya, tau aja kan Nin, keuangan mahasiswa itu bagaimana “. Jawabnya dengan nada halus.

“ ka Zainal, aku suka ama kaka itu dari hati ka, Ninda juga tak berharap kaka ngajak aku jalan, di teraktir makan, aku gak berharap sampai ke situ ka, aku suka ama kaka apa adanya ka “. Aku berusaha menyakinkannya.

Setelah perbincangan itu kami pun memanggil satu sama lain dengan panggilan sayang, kami sepakat kami untuk berpacaran. Udah sekitar 2 minggu kayaknya kami pacaran, tapi ka Zainal sungguh masih tampak malu-malu terhadap hubungan kami. Kalau di chat atau SMS ka Zainal itu romantisnya setengah mati deh, tapi kalau udah ketemu seperti mati gaya gitu, malu-malu. Apalagi kalau aku sedang ngumpul ama teman-teman sekelasku pasti dia tak akan menegurku, bahkan menatap pun enggak. Tapi setelah itu dia pasti langsung nge-SMS “ maaf ya Ninda sayang, tadi aku gak negur kamu, aku malu Nin ama teman-temanmu “. Awalnya sih agak merasa aneh juga, tapi lama kelamaan aku udah terbiasa dalam keadaan seperti ini.

Satu bulan lebih pun berlalu, ini kali pertama dia mengajakku untuk jalan-jalan dimalam minggu, senengnya minta ampun. “ assalamualaikum, Nin, lagi apa nih sayang “. Tanyanya di telpon. “ lagi ngerjain tugas Bu Mariyatul aja ni ka “. Jawabku. “ Eh Ninda, kamu sibuk gak malam ini, kita jalan-jalan yuk, ke bioskop “ tanyannya lagi. Tidak menunggu lama pertanyaan dia ku jawab dengan “ iya” penuh semangat sekali. Dalam hatiku bicara, akhirnya bisa romantis juga ini orang. Kami pun janjian jam 8 malam untuk pergi ke Bioskop.

Dak, dik, duk sih sebenarnya. Karena ini adalah kali pertama aku diajak jalan oleh cowok, ya betul saja, ka Zainal adalah cowok pertama yang ku sebut kekasih, bisa dikatakan dia adalah cinta pertamaku. Aku tak banyak mengenal cinta, aku pernah jatuh cinta tapi itu hanya sekedar jatuh cinta bukan berpacaran. Pengalamanku dalam hal percintaan hanya ku dapat dari film-film Korea yang sejak dulu sering ku tonton. Terlebih lagi aku sering mendengar cerita-cerita cinta dari temen sekamarku ini, Nisa namanya, hahahaha. Nisa menggodaku “ cieeee, yang malam ini diajak jalan-jalan ama si cinta pertama “ kata Nisa. “ ah.. apaan sih, biasa aja kali Nis, namanya aja orang pacaran, sekali-kalikan boleh jalan-jalan “. Sahutku.

Akhirnya ka Zainal datang mengetuk pintu kosku, aku yang sejak tadi dak-dik-duk menunggu langsung saja membuka pintu dengan senyuman termanis yang pernah ku berikan kepada seorang cowok. “ bagaimana Nin, udah kelar tugasnya ? “. Tanya ka Zainal. “ udah dong ka, kan kalo gak selesai gak jadi kaka ajak nonton, ya jadi Ninda semangat deh ngerjain tugasnya demi nonton ama kaka ganteng ini “. Sahutku, ka Zainal pun mengusap kepalaku dengan lembut sembari terseyum. “ ayo dah kita berangkat, keburu mulai nanti filmnya “. Kata ka Zainal menarik tanganku. Kami pun berangkat menuju Dutamall, Mall satu-satunya yang ada disini.

Ini adalah bioskop pertamaku, sekaligus jalan-jalan pertamaku bersama seorang yang ku sebut dengan kekasih. Terlebih lagi film yang ku tonton tadi begitu romantis, membuat perasaanku semakin bahagia malam ini. Ku rasa aku sudah berada di dalam puncak asmara. Tangan ka Zainal seakan tak pernah lepas dari dari tanganku. Oh bahagiaanya. Dalam hatiku berkata ternyata orang ini bisa romantis juga, gak kalah romantis dengan cowok-cowok Korea yang sering ku tonton.

Setelah film selesai ka Zainal mengajakku untuk pergi makan. “ Nin, kamu lapar gak ? “ tanyanya. “ iya ka, sebenernya Ninda belum makan, saking senengnya mau diajak nonton jadi lupa makan sebelum berangkat tadi “. Jawabku.

“ ya udah kita makan dulu sebelum pulang, kamu mau makan apa Nin ? “. Sahutnya.

“ emang kaka punya uang ? “ tanyaku.

“ iya ada Nin, makanya kaka ajak Ninda “. Jawab ka Zainal.

“ gini aja ka, kan tadi Ninda udah diajak nonton, nah kali ini Ninda yang neraktir kaka “ kataku.

“ emang kamu gak papa, masa kamu yang bayar “. Tanyanya.

“ ya iyalah gapapa ka, demi orang yang ku sayang ini “. Sahutku sembari mengedipkan sebelah mata ke arah ka Zainal. Kami pun melanjutkan perjalanan menuju Warung Bakso yang ada di Jalan Veteran.

Beginilah perempuan, diajak jalan itu pasti bahagia apalagi ama kekasih, dua mangkok Bakso yang tadi kami makan melengkapi hari bahagia malam ini. Cinta memang sangat begitu indah. Tak terbayangkan olehku cinta itu seperti ini, yakni seperti yang ku rasa saat ini. Sulit memang jika diungkapkan dengan kata-kata. Yang pasti adalah “ aku sangat bahagia “.

Cinta, inilah cinta terima kasih ka Zainal, kamu udah mengenalkanku dengan yang namanya cinta dan kebahagiaan. Aku memang sudah cukup dewasa untuk melewati pase ini, aku tidak takut dengan hal-hal yang negatif seperti kisah-kisah percintaan yang lain, aku yakin ka Zainal juga akan menjagaku, menjaga perasaanku dan menjaga tubuhku dari nafsunya. Ka Zainal pernah mengatakan padaku bahwa dia akan selalu menjagaku dari orang lain maupun dari dirinya, itu yang membuatku yakin.

Tiba-tiba ban motor yang kami tunggangi agak bergoyang sepertinya bocor kata ka Zainal. Kami pun turun dari motor, melirik ke ban motor yang kami tumpangi, ternyata benar saja, ban belakang motor ini bocor.   bocor Nin “. Ka Zainal melirik padaku, aku pun melirik ke jam tangan yang ku pakai kini udah menunjukan pukul 11:24 malam. Pilihannya cuma satu, yakni kami harus mendorong motor ini. Ka Zinal lagi-lagi melirik padaku   Sayang, bagaimana kalau kamu pulang naik ojek aja ? biar kaka yang mendorong. Depan sana biasanya tukang tambal ban nongrong “. Dia memintaku agar naik ojek aja, karena kebetulan saat kami mendorong motor kami melewati pangkalan ojek, dan mereka menunjuk bahwa ke arah kanan biasanya ada tukang tamban ban. Jelas aku menolak untuk naik ojek, sungguh tak adil dan sungguh sangat keterlaluan jika aku membiarkan seorang kekasih mendorong sepeda motor sendirian setelah jalan berdua.

Sudah dua buah bengkel yang kami lewati tapi sudah tutup. Ku lihat ka Zainal mukanya dipenuhi oleh keringat yang membasahi. Aku pun itu mendorong motor Honda Fit  ini dari belakang. Sungguh melelahkan. “ ayo ! ayo ! ka Zainal, semangat !! ya itung-itung olahraga ka “. Aku coba memberikan semangat kepada ka Zainal dan dia pun menoleh kepadaku sembari tersenyum. Dan setelah jauh sekali kami berjalan syukur deh akhirnya ada juga tamban ban yang masih buka. Kami pun duduk di kursi yang sudah disediakan oleh si tukang tambal ban di dekat gerobaknya. Pada akhirnya jam menunjukan pukul 12:15 malam aku sudah sampai diantar oleh ka Zainal ke depan kos. Dengan lambaian tangan ka Zainal mengisyaratkan bahwa dia akan merindukanku, aku pun membalas lambaian tangannya malam ini. Dan tentu saja aku akan merindukannya juga.

Waktu berjalan dan terus berjalan hampir 3 tahun kami menjalani hubungan ini. Banyak yang terjadi selama itu, sering berantem gara-gara hal yang gak jelas. Kami mulai disibukkan dengan tugas kampus. Ka Zainal fokus kepada skripsinya dan aku pun sibuk dengan PLL dan tugas-tugas lainnya. Kami jadi jarang bertemu, namun komunikasi tetap lancar walau sering ada masalah-masalah yang menguras emosi. Ku akui aku termasuk perempuan yang cemburuan dan sangat takut kehilangan ka Zainal. Akhir-akhir ini ku lihat teman-teman seangkatan ka Zainal terlebih lagi para perempuan sering bertemu ama ka Zainal, ya wajar ka Zainal termasuk mahasiswa yang pinter sehingga sering menjadi tempat konsultasi teman-temannya ketika mengerjakan skripsi. Akan tetapi hal itu membuat hatiku tidak nyaman.


............. INTERMISSION................

Pagi ini aku sangat sibuk dengan dandanan yang ku pakai, mulai dari baju baru yang subuh tadi udah ku setrika, semua serba baru. Semuanya ku beli dari hasil tabunganku dan belinya tentu saja di online shop yang dikembangkan oleh teman sekelasku di bangku kuliah. Nisa, ya Nisa temanku yang selalu setia menemaniku sejak awal kuliah ini kini sibuk mendadaniku. Dia lagi sibuk menggoreskan pensil alisnya ke alisku. Jujur aku termasuk wanita yang tak terlalu suka berdandan apa lagi pakai make up seperti artis-artis di televisi gitu.

Mau gak mau, pokoknya aku harus tampil sesempurna mungkin di hari wisudanya ka Zainal hari ini, yang tentunya aku akan bertemu dengan keluarga besarnya ka Zainal. Walau pun bukan yang bertama kalinya aku bertemu keluarganya ka Zainal tapi inikan hari yang sakral jadi aku harus tampil sesempurna mungkin sebagai calon pendamping ka Zainal di masa depan. Bolak balik aku menghampiri cermin, pikirku aku ini ternyata memang cantik, bener aja kenapa ka Zainal sayang banget ama aku, ya akunya cantik sih, lucu pula, hahaha, pede dikit gak apa-apa kan?. Emang kenyataannya aku cantik kok. Ka Zainal aja sering mengirim SMS, hay cantik, iya cantik, hey kamu yang cantik, pokoknya banyak lagi deh.

Setibanya aku di tempat wisuda. “ wihhh.. yang wisuda siapa nih, aku atau kamu sih, cantik banget hari ini “. Sapa ka Zainal ketika bertemuku. Aku hanya senyum-senyum aja, karena sekelilingku ada banyak keluarga ka Zainal yang pandangannya kala itu tertuju kepadaku. “ eh.. cantik ama ni Ninda, eh gak salah loh kamu Zainal pilih Ninda ini “. Kata teman seangkatan ka Zainal yang juga wisuda hari ini.

Hal itu membuat aku semakin malu dan hanya bisa senyum serta diam tanpa kata-kata. Aku pun mulai menyalami satu persatu keluarga dan teman-teman ka Zainal yang saat itu ada. Hingga akhir rangkaian acara wisuda pun selesai, tak lupa aku dan ka Zainal berfoto berdua. Bahkan ketika dia berfoto bersama keluarga ibu ka Zainal menyuruhku ikut gabung. “ eh, Nin, sini foto bareng dulu “. Kata ibu ka Zainal. Tentu saja hal ini membuatku terasa bahagia dan merasa sudah diterima dikeluarga ini. “ Nin, kamu cepet-cepet lulus ya, biar cepet nikahannya ama Zainal “ kata ibu ka Zainal lagi. Aku hanya bisa menggangguk isyarat mengiyakan kata beliau. Tak ku sangka jodohku ada di Banjarmasin kataku dalam hati.

Akhirnya kampus ku rasa sepi setelah lulusnya ka Zainal dari kampus ini. Dulu hampir setiap hari kami bertemu, semenjak dia fokus ke skripsi jadi jarang ketemu bahkan ketika dia udah lulus jadi tambah jarang ketemu. Walau sering ngobrol di telepon dan masih sering SMS-an tapi yang namanya rindu ini sangat sulit untuk dihilangkan. Kadang ka Zainal datang ke kampus membawakan aku makan, kadang pula ke kampus hanya sekedar bertemu aku disela-sela kesibukannya. Ka Zainal kini ngajar di sekolah madrasah di dekat tempat tinggalnya sebagai Guru Honor dan sorenya ngajar di taman pengajian Al-qur’an yang juga dekat dengan rumahnya.

Kini giliran aku yang sibuk dengan skripsi. Sungguh terasas berat banget skripsi ini ku rasa, udah kaya beban hidup gitu. Tenaga, pikiran, waktu dan semuanya itu tercurah kepada skripsi namun tak juga selesai. Tak ada pilihan lain lagi aku harus minta bantuan ka Zainal untuk menyelesaikan semua ini. Memang dari awal ka Zainal ingin membantuku, tapi ku tolak, karena aku yakin bakalan bisa menyelesaikan ini sendiri. Ka Zainal aja bisa ngerjain sendiri, masa aku gak bisa, itu pikirku. Eh ternyata aku gak bisa seperti itu.

“ kaka sayang lagi apa ? “. SMSku pada ka Zainal

“ lagi duduk-duduk di kantor aja ni sayang, tadi habis ngajar “. Balasnya

“ ka, aku boleh minta tolong gak ka “. Kataku

“ ya elah, pakai acara minta tolong segala, emangnya kaka ini siapanya kamu sih sayang “. Balasnya.

“ iya deh, gini ka, Ninda nyerah ngerjain skripsi ka sendirian “. Jawabku dengan emot manja.

“ kan, udah kaka bilang biar kaka bantuin, tapi kamunya gak mau, oke deh nanti besok kaka ke kampus “. Balas ka Zainal.

“ muaccchhh !!! kaka baik banget,, ka udah makan gak, Ninda teraktir deh “ balasku.

“ udah Nin, besok aja teraktirannya “ jawab ka Zainal.

Hampir setiap hari ka Zainal menemaniku ke perpustaan dan hingga pada akhirnya ka Zainal pula yang menemaniku penelitian buat skripsi ini di Martapura. Judul skripsiku ini berkaitan dengan aktivitas keagamaan para pedagang batu mulia di Martapura. Bolak-balik Banjarmasin-Martapura aku ditemani oleh ka Zainal. Bahkan pada malam hari yang biasanya kami telponan tentang ini itu, kini berubah tema tentang skripsiku. Sampai larut malam ka Zainal memberikan bimbingannya tentang skripsiku. Tentu saja skripsi ini harus ku kebut, karena hanya tinggal 10 hari lagi pendaftaran ujian skripsi bakalan di tutup, jika belum selesai maka baru bisa mendaftar semester depan. Untung ada ka Zainal. Semakin sayang aja aku ama ka Zainal ini. I love you ka.

Ku akui aku tak bisa apa-apa jika gak ada ka Zainal. Dia bukan hanya seorang kekasih melainkan juga guru, pembimbing, teman curhat, pokoknya segalanya deh. Di Sini aku cuma punya ka Zainal dan Nisa sahabatku. Wajarlah aku hanyalah seorang mahasiswi perantau yang berusaha menggapai cita-cita menjadi seorang sarjana seperti kakak-kakakku yang lain, yang udah sukses dengan karir masing-masing. Seperti orang yang berpacaran lainnya, walaupun ada kalanya ada sedikit konflik tapi hal itu tidak berpengaruh dengan rasa sayangku pada ka Zainal. Begitu pula dengan rasa sayangnya ka Zainal kepadaku sampai saat ini tak pernah berubah.

Seminggu sebelum aku sidang skripsi aku pulang ke kampung halaman. Hulu Sungai Selatan. Aku pulang ke rumah untuk meminta doa restu orang tuaku perihal sidang skripsiku nanti, agar berkat restu mereka ujianku berjalan dengan lancar dan meraih nilai yang terbaik. Di sela-sela waktu santai kami di rumah aku dan ibu sempat berbincang tentang keadaanku di Banjarmasin. Mulai dari pengalamanku disana, kuliahku, hingga tentang seorang calon suami.

“ Nin, bentar lagi kamu luluskan, nah itu berarti udah saatnya kamu cari calon suami “. Kata ibu

“ iya bu, fokus skripsi aja dulu “. Sahutku.

“ cari calon suami itu yang mapan Nin, ya kalo bisa minimal sih PNS, kayak kakak kamu Dewi suaminya Polisi, Ratih suaminya karyawan perusahaan sawit. Bukan apa-apa sih Nin, ya ini demi menjamin masa depan kamu juga. Kan kalo ayah dan ibu gak bisa bekerja lagi siapa yang ngebantu selain kalian anak-anak ayah dan ibu ya anggaplah ini harapan seorang ibu kepada anak yang paling dia sayangi“. Perkataan ibu ini membuat aku sejenak berpikir tentang ka Zainal yang sekarang tidak bekerja apa-apa lagi, jadi tenaga honorer pun sudah berhenti karena sibuk menemaniku bikin skripsi. Aku cuma bisa menjawab “ iya bu “.

“ eh.. kamu udah punya pacar gak Nin di Banjarmasin “. Ibu bertanya, kalau aku jawab iya pasti ibu bakalan bertanya, kerja apa, lulusan apa, berapa gajinya. Akhhdalam hatiku !!!!.

“ gak bu, Ninda gak pacaran “. Astaga aku bohong. Ku anggap apa selama ini ka Zainal. Ya demi kebaikan jugakan gak menagapa. Fokus ke ujian skripsi dulu.  Ya, aku memang tidak pernah bercerita perihal hubunganku dengan ka Zainal kepada orang tuaku. Berbeda sekali dengan ka Zainal yang sering mengajakku ke rumahnya bila ada acara-acara di rumahnya.

Berat rasanya jika aku menceritakan hubunganku kepada keluargaku. Apa lagi kepada ibu yang selalu berharap anaknya mendapatkan jodoh yang sepadan dengan keluarga kami. Jika aku lirik dengan keadaan keluarga ka Zainal sangat ketara sekali perbedaannya antara keluarga kami dan keluarga ka Zainal. Di tambah lagi ka Zainal sekarang tidak bekerja apa-apa, hanya membantu orang tuanya di sawah sementara ini. Apa kata orang tuaku nanti. Sungguh dilema hal ini bagiku.

Keluargaku termasuk keluarga terpandang di kampung ini. Ayahku seorang pengawai negeri sipil. Kakak-kakakku semuanya punya kerjaan yang tetap, ditambah lagi suami mereka yang sangat mapan membuat ciut hatiku untuk mengakui ka Zainal pilihan hatiku. Apa lagi ibu, sangat berharap aku yang anak bungsu ini mendapatkan suami yang lebih dari suami kakak-kakakku. Bahkan ibu pernah mengatakan padaku “ apa kata orang-orang bila suamimu nanti orang biasa-biasa saja, kamu cantik, terpandang, sarjana lagi, tu tetangga sebelah lulusan SMP aja suaminya pengawas di perusahaan Batubara, masa kamu seorang sarjana gak bisa lebih dari itu”.

.............. INTERMISSION .............

“ Ninda ? “. Sapa ka Zainal yang tiba-tiba bertemu aku di depan kantor fakultas

“ eh ka kayak gak kenal aja, pake terkejut segala “. Sahutku.

“ bukan gitu, tumben balik ke Banjarmasin gak minta jemput kaka “. Jawabnya.

“ iya ka, aku kan ga mau banyak ngerepotin kaka “. Sahutku lagi.

“ ah, kamu ini, kamu pikir aku ini siapa gak boleh kamu repotin, eh udah makan blom ? “ ajak ka Zainal.

“ udah ka masih kenyang banget ni ka “. Tolakku. Padahal aku belum makan sejak tadi pagi karna buru-buru urusan ke fakultas buat sidang. Entah kenapa aku jadi bersikap seperti ini pada ka Zainal, apakah aku mulai ragu dengan ka Zainal ?. entah lah. Sepertinya ka Zainal juga ada urusan di kampus ini. Aku juga sibuk dengan persiapan sidangku. “ ka, Ninda mau ke dalem dulu ya, udah ditunggu ama Pa Sholeh “. Aku sangat melihat jelas diraut wajahnya ka Zainal, dia sepertinya bertanya-tanya menagap sikapku jadi seperti ini. Kalau boleh jujur, aku juga gak tau ka. Seakan-akan ada rasa yang hilang itu saja.

Tidak seperti biasanya, jika dulu aku yang sering menghubungi ka Zainal, sekarang ka Zainal yang sering menghubungiku. Bahkan aku sekarang rada-rada mulai cuek dengan SMS ka Zainal yang dia kirimkan kepadaku, kadang-kadang ku balas, kadang-kadang ku biarkan begitu saja. Udah beberapa kali ka Zainal bertanya padaku “ Ninda sayang. Kamu kayaknya berubah deh, gak seperti Ninda yang dulu-dulu agak sedikit aneh “. Kata ka Zainal dan aku selalu jawab. “ gak ada yang aneh kok ka, Ninda mungkin ke kelahan aja persiapan sidang ini”.

Sampai pada ka Zainal mengirim SMS “ Ninda, kakak benar-benar merasa tidak nyaman dengan keadaan hubungan kita saat ini Nin, apa kaka ada salah dengan Ninda, coba kita bicarain Nin “. Membaca itu aku hanya balas dengan “ Ninda sibuk ka “. Selalu begitu. Sampai akhirnya ka Zainal mengerti bahwa aku sudah mulai cuek dengannya. Lama kelamaan ka Zainal juga jarang menghubungiku. Ya mungkin itu lebih baik, dari pada berkomunikasi tetapi cuma berantem.

Perubahanku ini tidak lain tidak bukan karena perkataan ibu kemarin saat di rumah. Aku mulai berpikir dan mengiyakan apa kata ibuku tersebut. Aku seorang anak tentu harus taat dengan semua perkataan orang tua, dan aku mulai yakin orang tua tentu ingin hal yang terbaik untuk anaknya, dan mungkin saja hubunganku dengan ka Zainal akan mengecewakan harapan ibuku. Aku tak mau mengecewakan orang tuaku yang sudah membesarkan dan membiayai hidupku selama ini. Sisi lain aku juga merasa bersalah dengan ka Zainal yang salama ini baik denganku, namun posisi ka Zainal saat ini hanyalah seorang pacar bukan siapa-siapa. Dan aku harus memilih mengecewakan ka Zainal yang hanya seorang pacar atau mengecewakan seorang ibu?.

Sidang skripsi udah ku lewati dengan nilai yang memuaskan sampailah aku pada hari di mana aku dikukuhkan menjadi seorang sarjana. Keluarga besarku semua datang, kakak-kakakku dan suami-suaminya juga datang, ponakanku juga bahkan nenekku pun ikut pergi ke Banjarmasin untuk merayakan suka citaku atas gelar sarjana ini. Tak terbayangkan olehku di hari yang bahagia ini aku beubah menjadi seorang wanita yang mengecewakan seorang kekasih, jelas saja, walau dengan perasaan menyesal aku mengirim pesan kepada ka Zainal “ ka, ka Zainal, gak usah datang ya ka ke wisudaku hari ini, karena aku takut ibu kecewa dengan keadaan ka Zainal sekarang yang belum punya kerja, nanti deh kalau kaka udah punya kerjaan yang pasti nanti bakalan ku kenalkan dengan keluargaku “. Dan semua alasan mengapa semua ini ku lakukan juga sudah ku ceritakan kepada ka Zainal. Aku mengatakan kepada ka Zainal tak ingin mengecewakan ibu yang sudah membesarkanku.

“ Nin, nih titipan dari ka Zainal “. Nisa sahabatku memberikan bucket bunga dari ka Zainal kepadaku yang didalamnya ada tulisan “ Selamat ya sayang “. Melihat tulisan itu langsung ku copot dan ku buang sebelum keluargaku melihat tulisan ini.

“ eh bunga dari siapa ni, cieeee Ninda “. Kata kakaku Dewi.

“ dari temen aja ka, bukan siapa- siapa “. Sahutku.

Sejak hari itu ka Zainal rupanya mulai sadar bahwa aku mulai menjauhinya. Dan ka Zainal meminta putus atas hubungan kami ini. Berbulan-bulan ka Zainal tak pernah menghubungi ku lagi. Entah kenapa perasaan menyesal itu menghampiriku. Siang malam, aku dihatui oleh rasa bersalah yang selalu hadir. Tak terbayangkan olehku, orang yang selama ini sangat baik denganku lebih dari siapapun ini menjadi orang yang sangat membenciku.

Berulang kali aku mencoba meminta maaf dan meminta ka Zainal kembali padaku melalui sahabatku Nisa juga tak berhasil. Penyesalan, hanya kata itu yang selalu ada dibenakku. Apalagi setelah aku mendengar dari Nisa bahwa ka Zainal kini udah mempunyai kekasih rasa penyesalan itu semakin memuncak, berulang kali aku terus mengganggu hubungan ka Zainal dengan kekasih barunya. Berbagai cara ku lakukan agar bisa menjauhkan ka Zainal dengan perempuan itu. Entahlah apa yang terjadi padaku. Ku rasa aku udah mampir gila. Air mata terus saja mengiringi rasa bersalahku ini. Kini hidupkun benar-benar terasa hampa dan tak ada artinya ku rasa.  Apakah ini karma ?.

SELESAI
 by. Arif Riduan


3 komentar:

Manaqib KH. Basyirun Ali, Pendiri Pondok Pesantren Nurul Jannah Banjarmasin

  Manaqib Syekh KH. Basyirun Ali, Pendiri Pondok Pesantren Nurul Jannah Banjarmasin Penulis Arif Riduan, S.Sos.I Alumni ponpes Nurul Janna...